Monday 12 March 2012

Singing and Crafting with Ira Rupina

Minggu ke-2 Maret sudah terlewati, si Admin blog ini suka sok sibuk, jadi agak lama posting disininya. Sebenarnya mau isi disini tadi pagi bareng dengan postingan saya sendiri yang baru diterbitkan pagi ini. Tapi saat mau nulis, kebingungan nulis judul postingannya apa. Akhirnya nemu juga, baru deh nulis disini. Seperti biasa (baru kedua kalinya) setiap bulan akan ada salah satu profile Indonesian Crafter yang akan diperkenalkan. Kalau sebulan ada 1 profile, berapa tahun ya baru terpenuhi semua member Indonesian Crafter masuk di Crafter of the Month? Sepertinya jumlah member sudah 200 orang lebih dan akan terus bertambah dan bertambah.

Kali ini karena kesepakatan, profile yang akan muncul adalah profil para Admin Indonesian Crafter terlebih dahulu. Salah satunya adalah Ira Rupina, atau biasa dipanggil Mamak Ira. Mamak Ira ini admin blog Multiply-nya Indonesian Crafter. Sebelum mulai mewawancara biasanya saya selalu mengingat-ingat 5W 1H, itu adalah landasan untuk menulis. Dari 5 W 1 H itu pertanyaan bisa terarah, ga ngalor ngidul... yah walaupun akhirnya ngalor ngidul juga. Tapi intinya sudah kena di 5W 1H. Who, What, Where, WhenWhy dan How.

Wawancara secara tidak disengaja dilakukan pada Minggu malam tepatnya jam 9 malam tanggal 11 Maret 2012 melalui Yahoo Messenger. Wawancara saya dengan Mamak Ira didominasi oleh ikon :)) alias tertawa terbahak-bahak karna kami kebanyakan bercanda.

Ira Rupina alias Mamak Ira ini kelahiran tahun 1976, lulusan SMIP (Sekolah Menengah Ilmu Pariwisata), masih aktif bekerja sebagai Travel Consultant. Selain bekerja dan mengerjakan craft, Mamak Ira juga punya hobi nyanyi dan punya banyak prestasi dengan paduan suaranya. Suka banget sama kucing dan mengaku dirinya pemalu padahal suka pamer. Tinggal di Jatibening sejak kelas 1 SD.

Pertanyaan pertama, pertanyaan dari hati paling dalam, Mamak Ira udah nikah belom si mak? Belum kan ya? (berdasarkan survey dari blog Mamak Ira)
BELOOOOOOOMMMMMMMM.......

Ini ada hubungannya dengan panggilannya, kenapa Mamak Ira?
Kenapa Mamak Ira... jadi dari awal bisa bikin wire jewelry, aku sibuk mencari merek dagang. awalnya merek dagangku itu RuFree (singkatan dari Rupina dan Julfree - Julfree tuh pacarku sekarang) trus kok berasa terlalu maskulin yah tuh nama akhirnya memutuskan untuk pake nama "rupina creation" tapi berasa gak sreg pake nama "rupina creation" karena aku sebenernya tidak terlalu suka dengan hal-hal yang terlalu kebarat2an.. I LOVE INDONESIA akhirnya aku cari-cari nama lagi.. aku mau yang ada namaku pokoknya merek dagangnya.. tadinya sempet mau "madam ira" (karena di paduan suaraku aku di panggilnya madam) tapi kata temanku itu terlalu serem akhirnya atas usul temanku itu, muncullah nama "mamak IRA" . kenapa jadi mamak... karena aku orang batak, dan sebagian besar orang batak itu kalau memanggil ibunya itu mamak.. pake K jadi pas deh tuh.. meng-indonesia banget namanya gituuu.
Mamak Ira
{Dokumentasi irarupina.multiply.com}
Kalau lihat di Multiply produknya banyak sekali Maak, ada wire, ada rajutan, ada manik, ada kristik, jadi spesialisasinya apa Mak?
hahahahaa.. jadi malu saya.... kalo dokter, saya dokter umum din, jadi.. aku tuh suka kerajinan tangan cuman inilah KEKURANGAN ku.. aku belum bisa fokus pada satu macam kerajinan semua aku pelajarin tapi belum ada yang di dalamin, cuman, sejauh ini, yang paling lama aku kerjakan dan yang hasilnya paling banyak adalah si "wire jewelry" itu Din gitu..

Boneka Tangan
{Dokumentasi irarupina.multiply.com}
Bantal Karakter
{Dokumentasi irarupina.multiply.com}


Rajutan Mamak Ira
{Dokumentasi irarupina.multiply.com}

Gelang Manik
{Dokumentasi mamakira.multiply.com}
Ooh begitu.. Berarti mulainya dari kapan bikin kerajinan tangan? Paling lama berarti paling disuka?
Itu awal aku bikin wire jewelry kalo gak salah 3 tahun lalu yah jadi di multiply itu gudangnya para wire jewelry maker... ketika salah satu dari mereka bikin workshop, aku ikut kalo dibilang yang paling aku suka... kayaknya sih nggak juga yah... hahahaaa... cuman alasan kenapa aku mau belajar wire jewelry adalah.. aku mau bikin perhiasan untuk wanita-wanita berbadan besar Din karena aku juga gemuk dan kamu tau kalo mau beli perhiasan di mall-mall itu... kalungnya ajah nyekek leher, gelang gak sampe 1 lingkar.. masak mau pake gelang tangan kudu beli gelang kaki.. jadi, someday, aku mau semua wanita yang berbadan besar pun berhak memakai perhiasan yang bagus dan MUAT di tubuhnya. Awalnya aku bikin buat aku pakai dulu trus aku juga bikinin buat temen aku yang gak pernah kesampean beli perhiasan hanya karena gak ada ukurannya kebayang dong kalo beli cincin, di kelingking aje kagak muaaattt...

Jadi dari semua kerajinan tangan yang paling disuka yang mana Mak?
Hmm... kalo dibilang yang paling suka.. aku sebenernya paling suka bikin scrapt book.. cuman aku belum ahli.. jadi hasil karyanya masih standard banget... cuman dari SMP aku suka bikin nama-nama dari karton gitu trus dihias-hias trus di laminating.. atau bikin kartu ucapan. dulu kartu ucapan ku ada sekerdus.. tapi ancur karena banjir.
Scrapbook by Mamak Ira
{Dokumentasi irarupina.multiply.com}
Aktivitas sekarang apa aja Mak? Kerja juga ya? Ga kepikiran serius dengan usaha wire-nya? Atau jadi Crafterpreneur?
Udah 11 tahun ini aku kerja di Carlson Wagonlit Travel, jadi Travel Consultant. Kalo di tanya kepikiran gak mau jadi crafterpreneur jawabnya adalah  KEPIKIRAN BANGET. Jadi impian aku adalah, aku punya salon, usaha barang-barang kerajinan tangan dan punya perpustakaan (aku suka baca) dan itu yang ada di impian aku nanti 3 hal itu berada di satu tempat... jadi orang yang lagi ngantri salon, bisa liat-liat dagangan aku dulu, atau kalo pacar or suaminya lagi nungguin wanitanya ke salon mereka bisa baca-baca di perpustakaan impianku, suatu hari nanti orang-orang akan ngomong... "eh ke mamak IRA yuuk..."

Dulu kan awalnya bikin buat temen yah semua pesanan, trus perkembangannya gimana hingga hari ini?
Sekarang masih made by order ajah din.. itu pun gak terlalu banyak.. karena aku nya juga belum bisa terlalu konsen ke situ karena masih capek kerja juga dan kegiatan paduan suara aku.. jadi waktu untuk ngerjain pesanan masih sedikit... makanya belum berani untuk go publik bangeet... takutnya orderannya gak jadi, malahan mengecewakan si pemesan.

Pernah punya prestasi dengan paduan suaranya atau craft-nya?
Kalo craft aku mah belum ada prestasi din.. makanya kemarin aku bilang aku minder khaaan.... hihihihiii... malu ama yang udah berprestasi... kalo paduan suara... bisa lihat din sini --> http://trinitichoir.multiply.com/   terakhir kami tampil hari sabtu tanggal 10 Mar kemarin di acara puncak ultah nya KOMPAS MUDA juga pernah jadi perwakilan DKI JAkarta untuk lomba Paduan Suara se-Indonesia di tahun 2009. Kalo untuk crafter ini... aku masih "mengerjakan yang aku suka" ... belum bisa seperti teman-teman yang sudah mulai melihat pangsa pasar.

Ira Rupina dengan Paduan Suaranya
{Dokumentasi irarupina.blogspot.com}
Gpp Mak ini buat motivasi teman-teman yang lain supaya ga malu. Lalu pengalaman paling menyenangkan dan tidak menyenangkan saat mengerjakan karya craft?
Paling menyenangkan udah pasti kalau si pemesan puas dengan karya kita ya...sejauh ini sih aku gak pernah mengalami hal yang TIDAK menyenangkan ya Din, karena aku orangnya males ambil pusing hal-hal gak penting, jadi kalo kira-kira ada hal yang tidak cocok pada saat pemesanan, aku lebih baik menolak. daripada nanti jadi hal yang tidak menyenangkan itu di kemudian hari. Contohnya.. ada orang yang pengen banget pesen ke aku.. tapi permintaannya terlalu ribet, sedangkan aku tau waktu ku gak cukup.. padahal kalo itung keuntungan mah lumayan.. tapi mending aku tolak.. daripada janji-janji tinggal janji tidak bisa memenuhi apa yang diinginkan pemesan. Setiap saat aku berkarya, itu merupakan kesenangan bagiku.. makanya aku suka pamer.. hahahahahaaa... makanya aku menantikan KAMIS MANIS.

Jadi prioritasnya kerja dan nyanyi?
Sebenernya kalo dibilang prioritas saat ini di urut seperti itu juga nggak din, cuman aku tau kemampuan aku untuk memenuhi pesanan crafter itu belum bisa 100%. Kalo mau prioritas mah... maunya crafter yang no 1. Suka iri gitu sama yang udah melepaskan kerja kantoran dan bergelut di dunia crafter. Target aku tahun ini selain nikah adalah bisa bagi 50% crafter, 50% kerja, kalo nyanyi itu udah 100% deh.. karena aku suka menyanyi. Jadi ada 200% nih kegiatan dalam hidup aku nantinya... mungkin gak sih... ini mungkin faktor umur juga ya din.. sebenernya bisa-bisa ajah kalo mau ngerjain crafter sesudah pulang kantor, cuman body udah mau rontok biasanya kalo pulang kantor... makanya mau segera melepas kerja kantoran dan memulai usaha sendiri... semoga segera terwujud.. AMIN

Tiap orang kan ada ciri khasnya yah, kalau dari Mak sendiri karya craftnya tuh ciri khasnya apa? Misalnya yang membedakan sama yang lain?
Kalo untuk wire jewelry, sesama maker mengenali karya aku karena aku tidak pernah bkin perhiasan yang simetris.. selalu sisi kiri dan kanan tuh beda bentuknya, kalo kata lukisan, karya ku tuh karya abstrak. Kalo untuk jahitan, ciri aku (nantinya) adalah 99% bentuknya kucing, karena aku sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa kucing. Sampe logo aku ajah kucing. Saat ini lagi mencari bentuk kucing yang aneh.. yang kalo orang-orang liat, mereka bisa nyebut "ooh buatan mamak ira tuh" tanpa melihat label nya. Jadi.. yah emang aku bener-bener bikin apa yang aku suka. Karena menurutku, kalo kita bikin karya yang tidak kita suka, maka hasilnya akan jelek, sejago apapun kita....

Sebagian karya wire Mamak Ira
{Dokumentasi sarlenira.multiply.com}
Terkahir deh nih, pesan-pesan untuk teman-teman crafter kita apa?
Pesan ku buat temen-temen crafter, jangan pelit bagi-bagi ilmu, karena dengan kita membagi ilmu, secara tidak langsung ilmu lain akan bertambah kepada kita. jangan males dan ragu mengerjakan sesuatu yang baru, siapa tau sesuatu yang baru itu menjadi trend setter di kemudian hari. dan terakhir, jangan takut dengan para copycat.. tetap terus berkarya.. karena di mana-mana yang original leih di cari daripada yang kw.

Oia... ku tuh punya tag line din, "create your own dream". Makna dari tag line itu ada 2:
1. Untuk pemesan... kedepannya, ketika si pemesan memesan ke "mamak ira" maka dia memesan apa yang dia impikan.. bukan impian si mamak ira atau impian orang lain
2. Untuk aku.. dengan adanya "mamak IRA" ini, aku mau meraih semua mimpi-mimpi aku tanpa ragu dan takut. selama kita gigih (dan tak lupa minta pertolongan TUHAN) maka aku yakin aku bisa meraih mimpi-mimpi aku itu.

Dari pembicaraan kami, ketahuan kalau Mamak Ira tahun ini kepingin sekali menikah dengan kekasihnya, kuliah Sastra Inggris karna dulu ga sempat kuliah, dan jadi full time crafter. Mari doakan supaya tahun ini semua keinginan Mamak Ira terwujud. Semangat Mamak!! Mak, karyanya jangan lupa di watermark yaa. (dk)

Temukan Mamak Ira disini:
http://irarupina.multiply.com/journal
http://sarlenira.multiply.com/
http://irarupina.blogspot.com/

salam Indonesian Crafter ^^

5 comments:

  1. Ya ampuuuun, kita kalo gitu udah pernah ketemu mba Iraaaaa, pasti lupa deh! Inget ga Nuning Orica yang suka pesen2 di CWT?? wkwkwk!

    ReplyDelete
  2. Suka sama obrol"nya ^_^
    Tapi Ra,gimana klo salon crafter ?
    crafter yg nyalon boleh gratis trus diksh buku pula *Ira lsg kepalkan tinju :D

    ReplyDelete
  3. Hmmm.....hebattttt eiuyyyy....mak,kyknya kt sama yahhh,'made by order' dan 'ngerjaain yg aku suka',krn aku full mom....aku bahkan blm punya label dagang hehehe..msh bingung mau pake nama apa,jd jngn minder ya mak (pdhl dulu jg aku sempet minder jg mak),tp di IC,semua mendukung dan memberi inspirasi dan semangat...love this group......cayooo......

    ReplyDelete
  4. multitalented banget deh mamak IRA....hebat!!!

    ReplyDelete
  5. wah, cool. ternyata banyak banget crafter di Indonesia. Selama ini cuma tau crafter dari luar, setelah nemu blog ini baru deh ketauan ternyata banyak banget di Indonesia.
    Suka sama scrapbooknya mamak ira. aku juga bikin scrapbook, tapi belum sampe tahap pake hard paper gitu.. baru pake album biasa..

    maju terus crafter indonesia yya.. ^^

    xoxo
    kelimutu

    ReplyDelete

love to read your comment ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...